Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic

Posted on

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic. Pasti bingung sama judul postingannya. Baik akan saya jelaskan ya.

Pada postingan sebelum nya yang saya tulis di sini, saya akhirnya memutuskan untuk mencoba plugin wordpress berbayar dari supsystic. Saya tidak mencoba ultimape maps nya tapi saya mencoba plugin google maps nya. Perbedaannya apa? Perbedaan yang saya cari adalah di google maps plugin dari supsystic ini bisa menampilkan data polygon, sementara di ultimap maps tidak bisa menampilkan data polygon.

Seperti yang saya singgung sebelumnya, di plugin wordpress ini adalah bisa menampilkan data polygon. Adapun format/ekstensi yang bisa di munculkan adalah KML.

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic 1

Ketika saya mencoba plugin ini, dan mengupload salah satu data KML yang saya punya, ternyata tidak semua database yang ada di dalam peta bisa di munculkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic 2
Gambar 1. Tampilan peta digital dan database jalan

Pada gambar di atas, terlihat bahwa kita bisa menampilkan peta dan ada beberapa data atribut seperti misalnya lebar jalan, panjang jalan, kelas jalan, dll.

Namun, apabila kita langsung upload di plugin google maps dari supsystic, maka data yang keluar cuma nama saja. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic 3
Gambar 2. Peta setelah di upload ke website

Pada gambar di atas terlihat bahwa tidak semua atribut bisa di tampilkan? Kenapa demikian? Setelah di telusuri hal ini di sebabkan karena di dalam plugin ini hanya membaca atribut html yang ada di “deskripsi” saja. Pada gambar di bawah terlihat bahwa atribut “description” dari peta KML yang kami punya kosong alias tidak ada isinya.

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic 4
Gambar 3. Description kosong

Lalu bagaimana solusinya? Silahkan buka maps.google.com kemudian pilih “Tempat Anda” Kemudian pilih tab “Peta”. Silahkan Klik Tombol “Buat Peta” yang ada di bawah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic 5
Gambar 4. Klik Buat Peta untuk mengupload peta KML anda

Silahkan impor peta KML tadi, kemudian lakukan setting warna apabila perlu, jika di rasa sudah cukup, silahkan export peta nya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic 6
Gambar 5. Eskpor Peta ke KML

Pada gambar di atas terlihat bahwa semua atribut bisa di lihat (coba cek lagi gambar 1). Bisa di pastikan peta KML sudah otomatis terconvert dan kita bisa melihat atribut yang sama jika menggunakan plugin google maps. Kita coba upload lagi KML nya ke plugin, hasilnya akan keluar seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Web GIS-Menampilkan database peta format KML menggunakan plugin google maps by supsystic 7
Gambar 6. Atribut yang di inginkan sudah keluar

Demikianlah tutorial ini saya buat, semoga bermanfaat ya.

Gravatar Image
Saya adalah seorang freelancer dari tahun 2010 sampai sekarang. Selama tahun tersebut saya berkecimpung di dunia GIS dan remote sensing. Insya Allah di sini saya akan membagikan pengetahuan seputar GIS dan remote sensing, termasuk sedikit Web GIS