Tutorial membuat satu polygon dengan banyak atribut

Posted on

Beberapa minggu yang lalu,saya sempat di minta tolong untuk membuat satu polygon dengan banyak atribut atau database. Hal ini memang di luar kebiasaan kita sebagai orang yang sering bekerja di bidang pemetaan dan remote sensing. Kebiasaan kami sebagai orang yang bekerjad di bidang GIS dan remote sensing adalah satu polygon dengan satu atribut. Kita langsung aplikasikan dengan contoh saja ya biar lebih jelas.

Contoh yang saya temukan adalah dengan membuat database dari peta batas administrasi tingkat kabupaten, kecamatan dan desa kemudian dari setiap satu polygon peta haruslah memuat struktur organisasi ketua,bendahara,sekretaris dan jabatan lainnya. Kalau terdiri dari satu atribut/informasi saja tidak masalah,kita bisa membuat dalam satu baris,masalahnya sekarang adalah setiap ketua mempunyai informasi yang lengkap seperti alamat,tempat tanggal lahir, no ktp, no sk (sk pengangkatan), dan informasi lain yang di butuhkan. Kalau kita gambarkan struktur database nya akan seperti di bawah ini (saya ambil contoh peta batas administrasi desa).

Tutorial membuat satu polygon dengan banyak atribut 1
Tutorial membuat satu polygon dengan banyak atribut 2

Gambar 1. Struktur database peta batas administrasi desa

Dari gambar di atas, kita bisa ceritakan bahwa yang akan di buat adalah peta batas administrasi desa di pecah lagi menjadi wilayah rw.

Di sini adalah kuncinya, jadi peta batas administrasi yang kita punya, kita perbanyak (copy paste) menjadi 14 bagian (terserah jumlah nya berapa,ini cuma contoh saja) sehingga kalau di screen shot akan tampak seperti gambar di bawah ini struktur filenya.

Tutorial membuat satu polygon dengan banyak atribut 3

Gambar 2. Struktur multi file peta batas administrasi desa

Sekarang, kita panggil masing-masing file di software GIS yang kita punya. Kebetulan saya akan memakai software lawas, arcview 3.3. nah setelah di panggil semua di software GIS, buatlah satu tambahan atribut “rw” dari masing-masing file peta tematik yang kita punya. Ulangi prosesnya sampai 14 kali. Jika di gambarkan akan kelihatan seperti gambar di bawah ini.

Tutorial membuat satu polygon dengan banyak atribut 4

Gambar 3. Tambahkan satu atribut “rw” ke masing-masing peta tematik batas administrasi

Kemudian, di sini adalah kunci lainnya, kita akan menggunakan fungsi geoprocessing “merge” untuk semua peta tematik. Lagi-lagi di sini saya akan menggunakan software arc view. Pertama-tama aktifkan extensi x tolls kemudian kita akan menggunakan proses “merge themes”. Pilih input (sembarang saja) dan untuk  “themes to merge” kita pilih semua theme yang aktif di bagian layer peta. Setelah di save petanya akan keluar seperti hasil di bawah ini.

Tutorial membuat satu polygon dengan banyak atribut 5

Gambar 4. Hasil dari satu polygon banyak atribut

Dan jika kita test di get feature info nya akan keluar seperti gambar di bawah ini.

Tutorial membuat satu polygon dengan banyak atribut 6

Gambar 5. Get feature info multi atribut

Demikianlah proses pembuatan peta dengan kondisi satu polygon banyak atribut.

Ada yang bertanya,kenapa saya mau membuat atau paling tidak memikirkan proses pembuatan peta seperti ini mengingat ini menyimpang dari aturan GIS pada umumnya. Alasannya adalah manfaat dari GIS itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, GIS bisa di aplikasikan ke banyak bidang,seperti yang sudah saya tulis di website saya di sini, jadi kita tidak terpaku pada satu bidang saja.

Silahkan beri komentar di bawah jika ada yang ingin di tanyakan atau ingin berdiskusi dengan saya.

Gravatar Image
Saya adalah seorang freelancer dari tahun 2010 sampai sekarang. Selama tahun tersebut saya berkecimpung di dunia GIS dan remote sensing. Insya Allah di sini saya akan membagikan pengetahuan seputar GIS dan remote sensing, termasuk sedikit Web GIS