Tutorial digitasi peta dengan bantuan google maps

Posted on

Google maps adalah salah satu peta dasar yang paling sering di pakai untuk kebutuhan navigasi peta. Seperti misalkan untuk geolocation (alamat yang tersimpan di database google), tracking olahraga (lari atau balap kendaraan), rute jalan kaki atau kendaraan. Dengan fasilitas yang lengkap dan tidak perlu bangun peta dari awal google maps bisa d jadikan acuan untuk kebutuhan di atas. Nah di sini saya akan memberikan satu tutorial yang gak kalah menarik yaitu, membuat peta tematik terutama peta batas administrasi kecamatan maupun desa,di mana polygon tersebut sudah tersedia di google maps dan akan kita ambil batas polygonnya dan mengconvertnya menjadi peta dengan ekstensi shapefiles. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan software Arc GIS untuk membuat peta tematiknya.

Berikut ini adalah tutorial lengkapnya:

  1. Bukalah link maps.google.co.id dari address bar anda
  2. Search kecamatan/desa/kabupaten yang akan anda digitasi. Dalam tutorial ini saya akan mengambil contoh kecamatan dramaga. Di bawah ini adalah kenampakan gambarnya
Tutorial digitasi peta dengan bantuan google maps 1

Gambar 1. Kenampakan search di google maps

3. Ketika anda mengklik salah satu dari hasil search di atas anda akan mendapatkan batas polygon kecamatan dramaga. Save gambarnya dengan klik kanan pada mouse kemudian pilih cetak. Note: pastikan anda sudah menginstall ekstensi pdf print agar hasil cetakan bisa di save ke dalam bentuk pdf. Berikut ini adalah screenshot dari penjelasan di atas.

Tutorial digitasi peta dengan bantuan google maps 2

Gambar 2. Save gambar dari google maps untuk mendapatkan peta batas administrasi kecamatan dramaga

4. Convert file pdfnya ke dalam bentuk jpeg/png kemudian buka file gambarnya di software Arc GIS.

5. Lakukan georeferencing dengan mengambil titik pertemuan yang tidak mungkin berubah yang di mungkinkan untuk di jadikan acuan (pertemuan sungai,pertemuan jalan, batas pinggir polygon),dll.

Pada contoh ini,saya akan mengambil 4 buah titik control untuk melakukan georeference seperti gambar di bawah ini.

Tutorial digitasi peta dengan bantuan google maps 3

Gambar 3. Titik control dari arcgis. 

Lalu bagaimana mengambil koordinat dari google maps sendiri? buka google maps lalu klik kiri titik control yang mau di ambil. nanti di bagian bawah akan keluar koordinat yang di maksud. Salin koordinatnya lalu di masukkan koordinatnya di gambar jpeg/png yang sudah kita convert sebelumnya.

Tutorial digitasi peta dengan bantuan google maps 4

Gambar 4. Ambil koordinat dari google maps. 

Ulangi prosesnya sampe semua titik control sudah di registrasi. Pastikan hasil akhir dari proses registrasi peta adalah lurus. Jika tidak lurus,silahkan di cek lagi input koordinat yang sudah di lakukan.

6. Setelah di lakukan georeferencing,hasil georefencing nya di save. Sekarang anda bisa langsung mendigit peta nya dan di save petanya ke dalam bentuk shapefiles. Hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini.

Tutorial digitasi peta dengan bantuan google maps 5

Gambar 5 . Hasil akhir digitasi google maps

Note: dengan teknik ini anda bisa membuat peta digital di mana terkadang kita tidak tahu/tidak tergambar sungai atau jalan dari peta tersebut. Dengan modal lokasi yang ada di google maps insya Allah peta yang di punya akan sangat terbantu untuk di lakukan registrasi/georeferencing peta.

Selain itu, dengan teknik ini anda bisa mengupdate sendiri peta batas administrasi yang anda punya terjadi kekeliruan. Google maps bisa jadi salah satu alternatif sumber peta yang kita punya.

Demikian lah tutorial ini saya buat. Jangan lupa Share ya jika postingan ini bermanfaat

Gravatar Image
Saya adalah seorang freelancer dari tahun 2010 sampai sekarang. Selama tahun tersebut saya berkecimpung di dunia GIS dan remote sensing. Insya Allah di sini saya akan membagikan pengetahuan seputar GIS dan remote sensing, termasuk sedikit Web GIS