GIS itu unik

Posted on

Pada saat saya menulis ini,saya teringat akan ucapan dosen pembimbing saya. Beliau mengatakan GIS itu unik. Unik dalam artian bahwa setiap orang punya spesifikasi nya sendiri-sendiri. Si A jago di penutupan lahan,si B jago di analisis run off, si C jago dalam analisis sebaran satwa liar. Kalau di bahas pada aspek yang lebih luas lagi, analisis GIS untuk kehutanan misalkan,tidak sama dengan analisis untuk pdam,tidak sama analisis  untuk tambang,tidak sama analisis yang di lakukan di perikanan.

Punya software Arc GIS semua ekstensi di aktifin biar di katakan jago,tidak juga. Dengan melakukan ini malah akan membebani laptop/pc kita dan akan mengurangi efisiensi kerja.

Namun,ada skill dasar yang harus di punyai oleh teman-teman yang berkecimpung di dunia GIS dan pemetaan,yaitu digitasi,mulai dari awal pembuatan sampai finishing menjadi peta digital. Selain itu,skill lain yang tidak kalah pentingnya adalah management file. Cuma sekedar opini,kalau ada yang ingin di tanyakan silahkan di isi kolom komentar nya ya.

Gravatar Image
Saya adalah seorang freelancer dari tahun 2010 sampai sekarang. Selama tahun tersebut saya berkecimpung di dunia GIS dan remote sensing. Insya Allah di sini saya akan membagikan pengetahuan seputar GIS dan remote sensing, termasuk sedikit Web GIS