Arcview GIS-Cara melakukan cleaning peta di software Arcview GIS

Posted on

Arcview GIS-Salah satu produk lama ESRI adalah software arcview gis 3.3. Software ini adalah generasi pendahulu sebelum software arc gis desktop. Saya pribadi masih memakai software ini untuk beberapa analisis seperti misalnya melakukan editing tools setelah melakukan overlay (intersect,clip, union bahkan identity). Saat awal-awal mengenal GIS saya memakai software Arcview GIS ini (sekitar tahun 2006). Di sini saya akan melakukan sharing bagaimana caranya melakukan clean data spasial yang kita punya.

Seperti di ketahui, terkadang sesaat ketika selesai melakukan overlay, data kita menjadi ngaco, seperti misalnya satu data spasial bisa mempunyai banyak atribut, atau mungkin sebaliknya satu atribut bisa mempunyai banyak data spasial. Untuk itu di perlukan proses cleaning agar kita bisa melakukan  analisis luas yang ada di  atribut data spasialnya.

Adapun peralatan perang yang harus di persiapkan adalah:

1. Software arcview GIS yang bisa di pake di windows 64 bit.

2. extensi edit tools arcview GIS

3. extensi xtools arcview GIS

Untuk software arcview GIS nya silahkan cari sendiri ya. Di saya ada, tapi besar filenya sampe 500 MB an. Untuk upload lumayan lama, saya liat sudah ada yang share, silahkan di googling software dan cara installnya.

Oke, langsung di mulai saja ya tutorial nya.

Ada dua jenis data yang bisa kita cleaning yaitu file polygon hasil dari analisis overlay yang kedua adalah data hasil digitasi kita dalam bentuk polyline di mana nanti akan kita rubah datanya menjadi polygon.

Berikut langkah-langkah cara melakukan cleaning di dalam software arcview gis:

1. Aktifkan extensi edit tools di file√†extension –> edit tools

Arcview GIS-Cara melakukan cleaning peta di software Arcview GIS 1

Gambar 1. Cara mengaktifkan extensi di arcview GIS

Arcview GIS-Cara melakukan cleaning peta di software Arcview GIS 2

Gambar 2. Tampilan mengaktifkan edit tools arcview gis

2. Mensetting map unit dan distance unit nya menjadi meter. Cara mengaktifkannya ada di view –> properties. Settng map unit dan distance unitnya menjadi meter.

Arcview GIS-Cara melakukan cleaning peta di software Arcview GIS 3

Gambar 3. Membuat map unit dan distance menjadi meter

3. Silahkan panggil file hasil union/intersect yang anda punya. Di sini saya ambil contoh peta yang pernah saya overlay. Adapun yang saya overlay kan adalah batas adm (kecamatan,kabupaten), kelerengan, tanah. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.  

Arcview GIS-Cara melakukan cleaning peta di software Arcview GIS 4

Gambar 4. Hasil union yang belum di clean

4. Klik tulisan warna kuning ET yang ada di toolbar, kemudian klik edit theme, masukkan peta yang akan kita edit. Kalau di saya namanya union_all.shp, maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini.

Arcview GIS-Cara melakukan cleaning peta di software Arcview GIS 5

Gambar 5. Proses melakukan cleaning

5. Tekan cleaning, maka software arcview otomatis akan melakukan proses cleaning, silahkan tunggu beberapa saat. Semakin ruwet/banyak polygon proses cleaning polygon akan semakin lama.

Arcview GIS-Cara melakukan cleaning peta di software Arcview GIS 6

Gambar 6. Proses melakukan cleaning arcview gis

6. Akan keluar untuk mengesave as apa yang barusan di lakukan. Klik yes dan simpan dengan nama baru.

Demikianlah tutorial ini saya buat. Di kesempatan lain, akan saya buatkan cara melakukan cleaning hasil digitasi peta. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah

Gravatar Image
Saya adalah seorang freelancer dari tahun 2010 sampai sekarang. Selama tahun tersebut saya berkecimpung di dunia GIS dan remote sensing. Insya Allah di sini saya akan membagikan pengetahuan seputar GIS dan remote sensing, termasuk sedikit Web GIS