Analisis Statistik dengan menggunakan GIS

Posted on

Hallo,semua,lama sekali saya tidak update blog Galerigis ini. Susahnya bagi waktu antara permak website galerigis.com di mana kami menggunakan format baru dalam menawarkan jasa kepada para pelanggan setia kami dengan mengisi blog ini. Salah satu jasa baru dari kami adalah jasa pembuatan Web GIS,sedangkan untuk jualan data tidak kami lanjutkan. Salah satu jasa pembelian peta tematik yang masih saya pertahankan adalah pembelian peta batas administrasi Indonesia. Bisa di lihat di sini

Di sini saya akan membahas tentang analisis statistik dengan menggunakan teknologi Web GIS sederhana (karena hanya memakai satu parameter saja).

Statistik yang saya gunakan di sini adalah tingkat pendidikan di Indonesia. Awalnya saya cuma iseng karena saya sedang mencari referensi untuk membangun demo Web GIS di mana di situ di sajikan data analisis spasial. Setelah mencari referensi akhirnya saya menemukan satu website yang sangat bagus yaitu http://data.go.id. Mengingat ini adalah situs pemerintah (karena berekstensi go.id), tidak mungkin situs ini menggunakan data palsu atau hoax atau abal-abal. Baiklah,saya ambil salah satu datanya yaitu data tingkat pendidikan di Indonesia di mana data ini akan saya jadikan demo Web GIS saya. Data tersebut bisa di lihat di sini.

Oke,pertama kita akan munculkan dulu salah satu parameter dari peta tingkat pendidikan yaitu penyebaran peta tingkat pendidikan tamat SD di seluruh Indonesia. Di bawah ini adalah gambarnya.

Analisis Statistik dengan menggunakan GIS 1

Dari gambar di lihat bahwa,penyebaran tingkat pendidikan tamatan SD di seluruh Indonesia di dominiasi oleh warna kuning,warna merah pudar dan merah tua. Di mana dari legenda dapat di lihat bahwa warna kuning merupakan kategori sedang (20%-30%),warna merah pudar kategori tinggi (30%-40%) dan warna merah tua kategori sangat tinggi (di atas 40%). Yang lebih mengagetkan lagi kategori sangat tinggi terdapat di provinsi jawa barat dan jawa tengah (lihat gambar).

Dari penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa tingkat pendidikan di Indonesia masih sangat rendah.

Sekarang mari kita pakai parameter tingkat pendidikan lainnya,yaitu peta penyebaran tingkat pendidikan tamat perguruan tinggi. Mari kita lihat gambar di bawah ini,

Analisis Statistik dengan menggunakan GIS 2

Dari gambar di atas penyebaran tingkat pendidikan tamat perguruan tinggi di Indonesia sangat rendah (di bawah 10%). Huff,sangat memprihatinkan memang. Yang lebih tinggi yaitu kategori rendah (10%-20%) ada di provinsi DKI Jakarta dan provinsi Bali. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di website http://galerigis.tech/leaflet.

Entahlah,apa penyebab rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia. Perlu di analisis pakai parameter lainnya. Yang jelas,ini musti jadi perhatian serius kita semua dan menjadi bahan renungan.

Begitulah analisis statistik dengan menggunakan teknologi GIS. Anda juga ingin mempublish data statistik dengan menggunakan teknologi Web GIS. Jangan sungkan-sungkan untuk hubungi saya ya. Informasi detail mengenai jasa pembuatan Web GIS bisa di lihat di sini

Untuk membuat analisis statistik parameter lebih dari satu bisa di lihat di sini

http://gis.depkes.go.id/analisis.php

Gravatar Image
Saya adalah seorang freelancer dari tahun 2010 sampai sekarang. Selama tahun tersebut saya berkecimpung di dunia GIS dan remote sensing. Insya Allah di sini saya akan membagikan pengetahuan seputar GIS dan remote sensing, termasuk sedikit Web GIS